Posted by : Unknown Wednesday 26 February 2014

  


Ketika bagian luar tubuh kita mulai menampakan perubahan fisik, kita pun mulai menanggapi perubahan itu dengan lebih serius. Kebotakan, keriput, lemak atau kulit kendur membuat orang-orang resah dan memotivasi mereka menghabiskan waktu dan uang untuk berusaha mengatasi kondisi-kondisi ini. Sementara itu, karena tidak terlihat, perubahan-perubahan didalam saluran pencernaan tidak dipedulikan. Orang-orang cenderung berpikir bahwa sgalanya tentunya baik-baik saja disana. Tidak ada yang dilakukan untuk merawat bagian dalam lambung dan usus, dan kondisi keduanya pun terus menurun. Dikemudian hari setelah jatuh skit, banyak yang menyesal karena tidak melakukan perubahan gaya hidup untuk menghindari penyakit itu.

Saya sendiri lebih menghawatirkan perubahan-perubahan yang ada didalam tubuh daripada menghawatirkan perubahan-perubahan diluar. Perubahan internal berkaitan dengan perubahan orang itu secara keseluruhan.

Banyak orang yang terjerumus dalam kepercayaan-kepercayaan umum mengenai kesehatan mereka yang salah karena ilmu kedokteran masa kini tidak memperhatikan tubuh manusia secara keseluruhan. Selama bertahun-tahun ada suatu kecenderungan bagi para dokter untuk melakukan spesialisasi, melihat dan mengobati hanya satu bagian dari tubuh. Kita tidak dapat melihat hutan dari pohon-pohonnya. Segalanya dalam tubuh manusia saling berhubungan. Hanya karena sebuah komponen yang ditemukan dalam makanan membantu satu bagian tubuh untuk berfungsi lebih baik, tidak berarti bahwa komponen tersebut baik bagi seluruh tubuh. Saat memilih makanan dan minuman, pertimbangkanlah semuanya secara keseluruhan. Kita tidak bisa memutuskan apakah suatu makanan baik atau buruk hanya dengan melihat dari satu bahan yang terkandung dalam makanan tersebut.

Tubuh manusia terdiri dari sistem yang sangat rumit, yang berada dalam keseimbangan yang rapuh. Sistem ini juga berfungsi dalam masing-masing dari kira-kira 60 triliun sel yang menyusun tubuh manusia. Jika kita serius akan kesehatan, renungkanlah tubuh kita dari tingkat selnya.

Sel-sel kita selalu digantikan oleh sel-sel baru. Sel-sel di beberapa bagian tubuh tergantikan seluruhnya oleh sel-sel baru dalam beberapa hari, sementara dibagian-bagian lain prosesnya dapat memakan waktu hingga beberapa tahun. Pada akhirnya, semuanya akan tergantikan. Sel-sel baru ini terbuat dari air dan makanan yang kita makan sehari-hari, kita dapat mengatakan bahwa kualitas makanan dan air yang kita konsumsi menentukan kesehatan kita.

Oleh karena itu, sistem pencernaan, yang menyerap makanan dan air, adalah fondasi tubuh kita. Jika kualitas makanan dan airnya buruk, sistem pencernaan kitalah yang menderita pertama kali. Kemudian, unsur-unsur buruk yang terserap diangkut melalui pembuluh darah ke semua sel diseluruh tubuh. Tidak peduli betapa buruknya bahan penyusun itu, sel-sel hanya dapat menggunakan bahan-bahan yang dikirimkan tersebut untuk membentuk sel-sel baru. Dengan demikian kualitas makanan dan minuman menentukan kesehatan seluruh tubuh. Jadi bisa dikatakan jika sistem pencernaan kita baik maka itu mencerminkan kondisi kesehatan seluruh tubuh. 

Industri kesehatan masa kini memiliki pasar yang luas, dengan produk-produk kesehatan yang membanjiri rak-rak toko. Banyak orang yang membeli suplemen makanan kesehatan karena labelnya mengatakan bahwa sebuah produk akan mengatasi masalah-masalah kesehatan mereka jika mereka meminum atau menelan suplemen tersebut setiap hari. Ditambah lagi, saat iklan-iklan televisi atau majalah mengatakan kepada anda bahwa “produk xx baik tubuh kita”, seringnya produk itu akan banyak terjual keesokan harinya. Pendeknya, ini berarti sebagian besar orang tidak sungguh sungguh mengerti apa yang benar-benar baik bagi tubuh mereka dan tahu itu mudah termanipulasi oleh media. Sehat atau tidak, bergantung pada apa yang dimakan dan cara hidup sehari-hari orang itu. 

Ketika seseorang jatuh sakit, kita sering melihat mereka berkeluh kesah tentang mengapa mereka menjadi sakit. Jatuh sakit bukanlah hukuman yang dijatuhkan oleh Tuhan. Dalam sebagian besar kejadian, penyakit tidak ditentukan oleh genetika. Malahan, hampir semua penyakit adalah akibat dari kebiasaan setiap orang yang telah terakumulasi selama beberapa waktu. Memperbaiki gaya hidup sehari-hari jauh lebih penting daripada mengandalkan keampuhan operasi atau obat-obatan.


Kamera Pengawas

Translate

Tambahkan Saya Sebagai Teman

Join My Site

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Fahmiy4gami's Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -