Posted by : Unknown Sunday 12 January 2014




Enzim adalah sebuah istilah umum untuk “katalis protein yang dibentuk didalam sel-sel mahluk hidup”. Singkatnya, enzim adalah sebuah unsur yang diperlukan oleh mahluk hidup agar dapat hidup. Didalam hewan maupun tumbuhan, di mana pun terdapat kehidupan, disanalah anda akan menemukan enzim. Contohnya sebuah kuncup tumbuh dari biji tanaman karena adanya enzim yang bekerja. Enzim juga yang bekerja ketika kuncup itu tumbuh menjadi sehelai daun. Aktifitas tubuh kita juga didukung oleh banyak enzim. Pencernaan dan penyerapan, metabolism sel-sel lama yang digantikan sel-sel baru, penguraian racun dan detoksifikasi, semua adalah hasil fungsi enzim.

Lebih dari 5.000 jenis enzim dibutuhkan agar manusia dapat menjalankan aktivitas hidup mereka. Banyaknya jenis enzim yang ada karena setiap enzim hanya memiliki satu fungsi. Contohnya enzim pencernaan amylase, yang terdapat dalam air liur, hanya akan bereaksi dengan zat tepung, sementara pepsin, yang terdapat pada cairan lambung, hanya bereaksi dengan protein

Dari sekitar 5000 jenis enzim yang bekerja dalam tubuh manusia, terdapat dua kategori luas. Satu enzim-enzim yang dibuat didalam tubuh, dua enzim-enzim  yang datang dari luar dalam bentuk makanan. Diantara enzim-enzim yang dibentuk didalam tubuh, sekitar 3.000 jenis dibuat oleh bakteri-bakteri usus.
Satu kesamaan antara orang-orang yang memiliki karakteristik lambung dan usus yang baik adalah bahwa mereka memakan banyak makanan segar yang mengandung banyak enzim. Hal ini tidak hanya berarti mengonsumsi enzim dari luar, tetapi juga menciptakan lingkungan usus yang kondusif bagi bakteri-bakteri usus untuk memproduksi enzim secara aktif.

Di pihak lain, kesamaan orang-orang yang memiliki karakteristik dan ciri-ciri lambung serta usus yang buruk adalah kebiasaan-kebiasaan gaya hidup yang mempercepat habisnya enzim. Kebiasaan minum alkohol dan merokok, terlalu banyak makan, mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan makanan, lingkungan yang menyebabkan stress, dan penggunaan obat-obatan, semua menguras enzim dalam jumlah besar. Termasuk mengkonsumsi makanan basi yang memproduksi racun dalam usus besar, terkena sinar ultraviolet dan gelombang elektromagnetik yang menghasilkan radikal bebas sehingga memerlukan detoksifikasi oleh enzim, dan stress secara emosi.

Yang harus kita ketahui dari hal ini adalah bahwa perlu dibentuk suatu gaya hidup yang meningkatkan dan bukannya menguras enzim yang ada di tubuh kita, hindari menguras enzim tubuh kita. Jagalah jumlah enzim yang cukup maka tubuh kita akan sehat.

Saat ini hanya tubuh mahluk hiduplah yang dapat membentuk enzim. Walaupun kita dapat membuat makanan sintesis yang mengandung enzim, misalnya makanan fermentasi. Mikroorganisme seperti bakterilah yang sesungguhnya membentuk enzim tersebut. Bahkan jika kita dapat menciptakan suatu lingkungan tempat mikroorganisme dapat membentuk enzim, kita tidak dapat menyintesis dan membuat enzim itu sendiri. Inilah sebabnya enzim sangat dipengaruhi oleh makanan.

Menyantap makanan yang mengandung enzim akan menciptakan lingkungan usus yang menyebabkan bakteri-bakteri usus dapat memproduksi enzim. Dan akan menjadi lebih penting bagi kita yang hidup dalam lingkungan masa kini yang penuh tekanan dan polusi, untuk mengkonsumsi dan secara efisien menggunakan enzim dari makanan yang sehat.

Kamera Pengawas

Translate

Tambahkan Saya Sebagai Teman

Join My Site

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Fahmiy4gami's Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -